Fasilitas Umum

Desa Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, memiliki fasilitas umum dan sosial cukup memadai untuk menunjang kehidupan masyarakat setempat.  Fasilitas sosial adalah fasilitas yang disediakan oleh pemerintah atau swasta untuk masyarakat, misalnya sekolah, klinik, dan tempat ibadah. Sedangkan yang dimaksud fasilitas umum adalah fasilitas yang disediakan untuk kepentingan umum, misalnya jalan dan alat penerangan umum. Adapun pengertian prasarana adalah kelengkapan dasar fisik lingkungan yang memungkinkan lingkungan perumahan dan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Sarana adalah fasilitas penunjang yang berfungsi untuk penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan ekonomi,sosial dan budaya. Sedangkan utilitas adalah sarana penunjang untuk pelayanan lingkungan. Berikut fasilitas umum dan sarana prasarana yang tersedia di Desa Sumber.

Sarana Prasana

Jalan Desa Sumber terdiri dari dua jenis, yakni jalan kabupaten dan jalan desa. Masing-masing jalan memiliki panjang dan kewenangan yang berbeda apabila terdapat kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan. Jalan kabupaten merupakan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali sehingga apabila membutuhkan perbaikan menjadi tanggung jawab Pemkab. Sementara itu, jalan desa menjadi kewenangan Pemerintah Desa Sumber.

Tempat Ibadah

Sebagai sebuah wilayah dengan mayoritas penduduk beragama Islam, masjid dan mushola merupakan tempat ibadah yang banyak dijumpai di Desa Sumber. Desa ini memiliki enam buah masjid dan 48 bangunan mushola.

Sarana Kesehatan

Kondisi kesehatan masyarakat Desa Sumber cukup baik dengan didukung beberapa fasilitas kesehatan, yakni sebuah Puskesmas Pembantu dan sembilan Posyandu. Keberadaan fasilitas kesehatan tersebut cukup membantu memelihara kesehatan masyarakat desa.

Sarana Pendidikan

Sarana pendidikan yang terdapat di Desa Sumber cukup lengkap, antara lain lima taman kanak-kanak (TK), 24 sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI), 15 sekolah menengah pertama (SMP)/madrasah tsanawiyah (MTS), dan enam sekolah menengah atas (SMA)/madrasah aliyah (MA).

Keadaan Fasilitas Sosial dan Fasilitas Umum di Desa Sumber

Jenis Fasilitas

Jumlah

Jalan Aspal

Jalan Beton

Talud Jalan

Jembatan

Masjid

Mushola

Taman Kanak-Kanak (TK)

Sekolah Dasar/MI

SMP/MTS

SMA/MA

PAUD

Puskesmas Pembantu

Posyandu

5.200 meter x 3 meter

6.630 meter x 3 meter

1.703 meter x 50 cm

11 buah

6 buah

48 buah

5 buah

24 buah

15 buah

6 buah

1 buah

1 buah

9 buah

 

Berita Terkini
Karnaval Tumbuhan Cinta Tanah Air
Selasa 17 Oktober 2017
Nyadran ke Makam Sesepuh Desa
Selasa 17 Oktober 2017
Gotong Royong Bangun Infrastruktur
Selasa 17 Oktober 2017