Demografi Penduduk

Desa Sumber memiliki luas wilayah 268,810 hektare dan ditinggali 3.569 penduduk yang tercatat dalam 1.027 kepala keluarga (KK). Mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Namun, luas wilayah pertanian semakin berkurang sehingga banyak penduduk mulai beralih pekerjaan menjadi tukang ojek, buruh pabrik, dan buruh bangunan di kota-kota besar seperti Solo dan Jakarta.

Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin

Jenis Kelamin

Jumlah

Laki-Laki

1.846

Perempuan

1.723


Topografi

Desa Sumber terdiri dari tiga wilayah kepala dusun (Kadus), delapan dusun, 19 rukun tetangga (RT), dan tiga rukun warga (RW).

Kadus I

Kadus II

Kadus III

Dukuh Tari Wetan

Dukuh Sumber

Dukuh Ngadirejo

Dukuh Mojo

Dukuh Jebolan

Dukuh Duworo

Dukuh Tari Kulon

Dukuh Karanggayam


Kondisi Geografis

Desa Sumber berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Sumber berbatasan dengan Desa Sempu Kecamatan Andong di sisi utara, Desa Pojok Kecamatan Nogosari di sisi selatan, Desa Wates Kecamatan Simo di sisi barat, dan Desa Sempu Kecamatan Andong di sisi timur.

Desa ini memiliki struktur tanah cadas, tanah laktosol, dan tanah andosol dan sebagian grumosol. Dengan kondisi tanah seperti itu kondisi tanaman yang cocok ditanam di Sumber adalah palawija. Sementara itu, area persawahan Desa Sumber adalah sawah tadah hujan murni dan tidak ada sawah beririgasi teknis.

 

Luas Wilayah

268,810 hektare

Ketinggian

1.500 meter di atas permukaan laut

Jenis Tanah

Cadas, Laktosol, Andosol, Grumosol


Hidrologi

Sesuai arti namanya, Desa Sumber memiliki banyak sumber mata air atau umbul. Hingga saat ini masih terdapat 12 mata air yang cukup besar di Desa Sumber. Mata air yang masih bertahan adalah Sendang Karanggayam, Sendang Cengklik, Sendang Jambe, Sendang Kebonan, Sendang Tempel, Sendang Ngaren, Sumur Klurahan, Sendang Suruhan, Sendang Nganyang, Sendang Jombor, Sendang Sumber, dan Sendang Bendo.

Kondisi Ekonomi

Sebagian besar penduduk Desa Sumber masih mengantungkan hidup dari bertani dan berternak meski luas lahan pertanian rata-rata di bawah 2000 meter persegi. Sementara itu, sebagian warga lain memilih beralih menjadi tukang ojek, pedagang, buruh bangunan, dan buruh pabrik di kota besar seperti Jakarta dan Solo.

Desa Sumber memiliki satu pasar milik Pemerintah Kabupaten Boyolali yang menjadi urat nadi perekonomian warga. Selain itu, ada dua pasar rakyat yang juga memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian warga.

 

Mata Pencaharian Warga Desa Sumber

Pekerjaan

Jumlah

Petani Pemilik Lahan

Buruh Tani

Pengusaha

Buruh Industri

Buruh Bangunan

Pedagang

Pengangkutan

527

968

12

69

197

193

196

Berita Terkini
Karnaval Tumbuhan Cinta Tanah Air
Selasa 17 Oktober 2017
Nyadran ke Makam Sesepuh Desa
Selasa 17 Oktober 2017
Gotong Royong Bangun Infrastruktur
Selasa 17 Oktober 2017