Konfeksi Pakaian Buka Lapangan Pekerjaan
Selasa 17 Oktober 2017

Sumber - Pesatnya perkembangan tren fashion mendorong pertumbuhan industri pakaian, baik dalam skala besar maupun usaha rumahan seperti konfeksi di Desa Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali.

Konfeksi adalah industri rumah tangga pembuatan pakaian jadi seperti kaus, kemeja, celana, jaket, dan sebagainya. Keberadaan konfesi sangat menunjang kemajuan industri pakaian jadi. Selain mengerjakan pemesanan pasar lokal, konfeksi juga bisa menerima proses jahit pakaian jadi dari pabrik garmen untuk pasar lokal maupun ekspor.

Selain memajukan industri pakaian jadi, konfeksi juga menggerakkan perekonomian warga desa. Usaha konveksi di Desa Sumber mampu memberi lapangan kerja bagi ibu-ibu rumah tangga.

Salah satu pengusaha konfeksi yang sukses menciptakan lapangan kerja di Desa Sumber adalah Ngadimin. Warga Dukuh Ngadirejo RT 16/RW 03 ini mendirikan usaha Konfeksi Abbrar sejak tujuh tahun lalu. Berbekal semangat kemandirian dan kerja keras, Ngadimin berhasil mengurangi angka pengangguran di desanya. Dia mempekerjakan sembilan karyawan yang merupakan warga sekitar tempat tinggalnya.

“Anak saya dulu bekerja di pabrik. Dari pada tetangga yang sudah punya anak tidak dapat berkerja selain di pabrik, lalu saya inisiatif membuat suatu usaha agar bisa menciptakan lapangan pekerjaanbagi warga,” ungkap Ngadimin.

Dengan modal awal sekitar Rp 20 juta untuk membeli mesin, Ngadimin terus berjuang mengembangkan usahanya hingga saat ini. Dia mengelola usaha konfeksi bersama anaknya, Suep. Ngadimin bertugas mengelola bagian produksi, sedangkan Suep mengatur pemasaran dan keuangan.

Dalam satu hari, Konfeksi Abbrar mampu memproduksi 20 lusin hingga 30 lusin pakaian dalam. Ngadimin menjalin kerja sama dengan salah satu pabrik garmen di Mojosongo, Boyolali. Konfeksi Abbrar mendapatkan bahan baku dan menyetorkan hasil jahit ke pabrik tersebut. Pelanggan juga bisa memesan jasa jahit di Konfeksi Abbrar dengan menghubungi Ngadimin nomor telepon 081329691193.

Berita Terkini
Karnaval Tumbuhan Cinta Tanah Air
Selasa 17 Oktober 2017
Nyadran ke Makam Sesepuh Desa
Selasa 17 Oktober 2017
Gotong Royong Bangun Infrastruktur
Selasa 17 Oktober 2017