Karnaval Tumbuhan Cinta Tanah Air

Sumber - Pemerintahan Desa (Pemdes) Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali menggelar karnaval untuk memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Agustus lalu.

Perayaan peringatan Hari Kemerdekaan atau tujuh belasan selalu berjalan meriah di berbagai daerah. Tujuh belasan di Desa Sumber dirayakan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Selain beraneka perlombaan untuk anak-anak hingga orang dewasa, Pemdes Sumber juga menggelar karnaval pada Minggu (20/8/2017). Bukan hanya menyemarakan tujuh belasan, karnaval juga bermanfaat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air pada warga desa.

Karnaval yang diikuti ribuan peserta ini disambut antusiasme tinggi dari masyarakat Desa Sumber. Para peserta karnaval mengenakan pakaian adat dan seragam aktivis berjalan berkeliling desa. Rute karnaval dimulai dari lapangan desa, berjalan ke selatan melewati MTS Negeri Sumber, lalu ke barat dan kembali ke lapangan.

Perayaan tujuh belasan memang rutin digelar setiap tahun, tapi agendanya selalu berbeda. Pemdes tidak menyelenggarakan karnaval tahun lalu. Oleh karena itu, karnaval kali ini disambut meriah. Pemdes Sumber berencana menjadikan karnaval sebagai agenda rutin setiap tahun.

Selain karnaval, Pemdes menggelar berbagai perlombaan yang tak kalah seru pada pekan kedua Agustus lalu. Beberapa perlombaan yang menyedot antusiasme warga antara lain adalah balap sepeda dan kelereng. Perlombaan itu diikuti perwakilan tiap rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW).

Pemdes berharap beragam kegiatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperat kerukunan warga desa. “Kedepannya, akan menjadi agenda rutin untuk menjaga kerukunan, sikap cinta tanah air, bisa menyatukan warga dan ada rasa memiliki,” ungkap Kasi Pelayanan Dan Kesejahteraan, Sarwanto.

Berita Terkini
Karnaval Tumbuhan Cinta Tanah Air
Selasa 17 Oktober 2017
Nyadran ke Makam Sesepuh Desa
Selasa 17 Oktober 2017
Gotong Royong Bangun Infrastruktur
Selasa 17 Oktober 2017