Nobar Film Perjuangan di Malam Tirakatan

Sumber - Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, memiliki cara unik untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air warga desa dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus lalu.

Pemdes menggelar acara nonton bareng (nobar) film perjuangan bangsa di malam tirakatan atau malam 17 Agustus. Acara itu disambut antusiasme tinggi warga yang menghadiri acara tirakatan di Balai Desa Sumber, Kamis (21/9/2017) malam.

Pemutaran film perjuangan bertujuan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangan kemerdekaan Indonesia. Melalui kegiatan ini, Pemdes juga berharap bisa memberikan pengetahuan sejarah perjuangan bangsa kepada masyarakat.

Malam tirakatan selalu menjadi momen yang dinantikan seluruh warga desa. Warga di setiap dukuh, rukun tetangga (RT), dan rukun warga (RW) biasanya mengadakan beragam acara untuk menyemarakkan malam tirakatan, mulai dari pentas budaya hingga kegiatan keagamaan. Kegiatan itu biasanya digelar hingga tengah malam atau bahkan hingga pagi.

Tak ingin kalah semarak dari perayaan warga di setiap dukuh, Pemdes juga menggelar malam tirakatan di balai desa. Nobar menjadi agenda rutin di malam tirakatan yang biasa dimulai pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB. Film yang diputar setiap tahun pun berbeda-beda. Tahun ini, Pemdes memutar film perjuangan bertajuk Janur Kuning.

Pemdes Sumber berharap kegiatan nobar dapat dipertahankan setiap tahun supaya masyarakat lebih mengenal sejarah perjuangan bangsa. “Nonton bareng film perjuangan ini menjadi agenda rutin supaya nantinya warga bisa lebih mengenal sejarah dan tidak lupa pada sejarah puluhan tahun silam,” ungkap Kasi Pelayanan dan Kesejahteraan Desa Sumber, Sarwanto.

Berita Terkini
Karnaval Tumbuhan Cinta Tanah Air
Selasa 17 Oktober 2017
Nyadran ke Makam Sesepuh Desa
Selasa 17 Oktober 2017
Gotong Royong Bangun Infrastruktur
Selasa 17 Oktober 2017